Manfaat Asam Jawa

Asam jawa adalah produk olahan yang dihasilkan dari buah asam. Asam jawa banyak digunakan di nusantara. Utamanya dari daerah jawa, baik jawa timur, jawa tengah maupun jawa barat. Dan ini tentu saja sesuai dengan namanya yakni asam jawa.

Asam jawa merupakan produk herbal yang sudah dikenal secara luas dan digunakan untuk berbagai macam keperluan. Baik untuk masak-memasak, minuman, permen, maupun untuk pengobatan.

Yang paling terkenal dari penggunaan asam jawa adalah untuk sayur asem. Apa jadinya jika sayur asam tanpa pakai buah asam? Tentu tidak enak dan rasanya hambar. Nah disitulah perlunya asam jawa atau buah asam untuk sayur asem.

Selain untuk sayur asem, asam jawa juga sering digunakan untuk minuman. Wedang asem adalah contoh minuman yang komposisi utamanya dibuat dengan asam jawa. Saking terkenalnya minuman asam jawa atau wedang asem sampai-sampai dibuatkan minuman kotak dengan rasa asem jawa yang dikemas secara modern dan dijual di minimarket-minimarket.

Walaupun jujur harus dikatakan bahwa kualitas minuman kotak rasa asem jawa tidak sebanding jika dibandingkan dengan asam jawa yang dibuat secara tradisional. Rasa dan khasiatnya sangat berbeda walaupun sama-sama terbuat dari buah asam.

Jika Anda pernah berkunjung ke daerah pelosok di Jawa tentu saja Anda masih dapat menemui permen asem. Permen ini terbuat dari asam jawa yang ditambahin taburan gula. Rasanya yang asam manis membuat mata kita jadi merem-melek.

Untuk pengobatan, asam jawa pun tidak kurang gunanya. Ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan atau diringankan sakitnya dengan asam jawa. Jika Anda sakit tenggorokan maka sebaiknya buatlah segelas wedang asem dan diminum ketika masih hangat. Tunggu beberapa menit Anda akan merasa nyaman dan rasa sakit di tenggorokan akan hilang dengan sendirinya.

Jika Anda pernah terjatuh dan terjadi lebam-lebam di tangan, kaki atau punggung, ada baiknya bagian yang sakit diberi olesan asam jawa. Ini akan meringankan rasa sakit pada daerah yang sakit. Mudah, murah dan cepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diet Sederhana Dengan Bahan Alami

Karbohidrat Kompleks Untuk Diet