Detoksifikasi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Detoksifikasi adalah suatu proses yang terjadi dalam tubuh untuk mengeluarkan racun, toksin dan zat berbahaya yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi terjadi tidak hanya pada manusia saja tapi terjadi pada semua makhluk hidup.

Detoksifikasi dapat digolongkan menjadi 2, yakni detoksifikasi alami dan detoksifikasi buatan.

Detoksifikasi alami adalah detoksifikasi yang terjadi secara alamiah tanpa adanya memasukkan bahan kimia pada tubuh. Sedangkan detoksifikasi buatan adalah segala tindakan dengan memasukkan zat kimia pada tubuh untuk mengeluarkkan racun, toksin dan zat berbahaya lainnya yang ada pada tubuh manusia.

Detoksifikasi alami dapat dilakukan dengan melakukan tindakan-tindakan positif, seperti: minum air putih yang cukup, makan buah-buahan, nutrisi yang cukup dan berimbang, rajin berolahraga, serta makan-makanan yang kaya serat. Makan makanan instan, tidak merokok dan minum minuman keras pun termasuk tindakan-tindakan positif yang harus dilakukan.

Tindakan-tindakan positif seperti yang disebutkan diatas akan menjadikan kerja organ-organ tubuh menjadi maksimal dan dapat menghalau segala zat-zat berbahaya (radikal bebas) masuk dan merusak tubuh dari dalam.

Sedangkan detoksifikasi buatan dilakukan manakala tubuh sudah tidak mampu lagi menghalau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh dan memerlukan kekuatan dari luar agar kerja organ tubuh menjadi ringan.

Walaupun detoksifikasi buatan diperlukan, harap menjadi ingatan bahwa detoksifikasi buatan sebenarnya memasukan zat kimia juga. Maka dari itu jangan terlalu sering melakukan detoksifikasi buatan. Cukuplah kiranya menjalani pola hidup sehat dengan banyak melakukan tindakan-tindakan positif akan membuat tubuh kita sehat selalu.

Yang termasuk detoksifikasi buatan adalah luluran, penggunaan produk perawatan kulit, scrub tubuh, dan facial. Semua tindakan tersebut pada dasarnya menggunakan zat kimia untuk mengeluarkan racun dan toksin. Penggunaan produk-produk herbal lebih diutamakan dibandingkan dengan menggunakan zat kimia untuk detoksifikasi.

Jadi buat para perempuan, baik ibu-ibu maupun remaja putri harap berhati-hati dan tidak berlebihan dalam menggunakan kosmetik. Alih-alih menjadikan diri kita terlihat cantik malah akan membuat tubuh kita menjadi sakit-sakitan. Buat apa artinya terlihat cantik tapi mudah terserang penyakit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diet Sederhana Dengan Bahan Alami

Karbohidrat Kompleks Untuk Diet

Manfaat Asam Jawa